oleh

Pantai Sungai Baru Muntok ditanami 1000 Mangrove

BANGKA BARAT –  PT Timah Tbk menyerahkan bantuan 1000 batang mangrove sekaligus biaya perawatan mangrove di Pantai Sungai Baru, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (8/10/2021). Hal ini sebagai upaya perusahaan mendukung kelompok nelayan menjaga wilayah pesisir pantai.

Ketua kelompok Nelayan Jaya Mandiri Kasdi, mengatakan pihaknya berinisiatif untuk menanam  mangrove guna menata kembali pantai seperti semula. Ia menyebutkan banyak mangrove yang ditanam sudah mati.

Baca Juga  Fasilitas MRT Business Space di Stasiun Bundaran HI Gratis Hingga Akhir Tahun 2021

“Kami ingin menata kembali pantai ini, mengingat beberapa pohon mangrove ini sudah mati, jadi kami tanam lagi. Mangrove ini memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya abrasi pantai,” sebutnya.

Pihaknya, mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah memberikan bibit mangrove dan biaya perawatannya. Sehingga nantinya, diharapkan kawasan ini akan kembali indah.

“Atas nama nelayan Jaya Mandiri mengucapkan banyak terimakasih kepada PT Timah atas kepeduliannya dengan alam sekitar dan kami sebagai nelayan,” terang Kasdi, dilansir bumn.go.id.

Sementara itu, Penyuluh perikanan pada Dinas Kelautan dan perikanan Ayu Permatasi menyampaikan, penanaman mangrove sangat bermanfaat baik kepada lingkungan, biota laut di kawasan pantai dan nelayan.

Baca Juga  Kapolda Jatim Apresiasi Penyelenggara Vaksinasi di NUIS Malang

“Terimakasih banyak kepada PT Timah yang telah menbantu kegiatan ini, manggrove memiliki banyak manfaat seperti memecah arus,  gelombang, apalagi sekarang musim hujan, pasang arus naik, menyebabkan lumpur naik. Mangrove ini menyerap lumpur di dasar pantai, sehingga sangat bermanfaat sekali,” tutupnya. (*/cr1)

News Feed